Keunikan Negara Swedia

KEUNIKAN NEGARA SWEDIA 

-       Swedia mengimpor sampah 
negara ini begitu pintar mengolah barang-barang bekas dan sampah. Hingga akhirnya mereka berada di level sudah tidak ada lagi sampah yang tersisa untuk didaur ulang.
-       Swedia Punya Nama Terlarang untuk Digunakan
di sini ada satu buah kata yang sama sekali tak boleh dipakai untuk menamai anak.



Ikea, nama ini terlarang bagi siapa pun dan yang keukeuh memakainya kemungkinan akan mendapatkan hukuman. Ikea sendiri mungkin terkesan lembut dan cantik. Namun jika diartikan, nama ini berarti setan.
-       Swedia dan Korea Utara
Di masa lalu, Swedia dan Korea Utara bisa dibilang berteman cukup baik. Salah satu buktinya, mereka punya hubungan perekonomian yang baik. Salah satunya adalah pembelian sekitar seribu sedan Volvo di tahun 1974 oleh Kim Il Sung.



Nah, yang jadi masalah ternyata Korea Utara belum pernah melakukan pembayaran untuk seribu mobil tersebut. Jadi, bisa dibilang negaranya Kim Jong Un ini mengambil tanpa bayar alias mencuri.

KELEBIHAN SWEDIA:
a.   Tingkat kesejahteraan yang tinggi. Dari gaji yang kita terima, kita hanya perlu mengeluarkan 10% untuk keperluan makan. Karena harga makanan sangat murah dan terjangkau.
b.   Tempat tinggal yang nyaman.
c.  Lingkungan yang bersih. Sama seperti kesan-kesan yang selalu terlontar ketika kita berada di luar negri, di negara maju.
d.  Fasilitas kesehatan gratis. Di swedia, kita berhak mendapatkan fasilitas kesehatan gratis dari rumah sakit, misal ketika hendak melahirkan.
e. Fasilitas pendidikan gratis. Dengan catatan, kita sudah mempunyai residence permit di Swedia dulu, baru mendaftar sekolah/kuliah. 
f.  Karir sebagai engineer berkembang dengan baik. Industri di Swedia berkembang dengan baik sehingga negara ini menjadi negara produsen, bukan hanya sebagai konsumen..
g.  Mendukung penuh karir seorang istri. Hal ini dibuktikan dengan adanya istilah papa ledig dan mama ledig. Sehingga, pada saat seorang istri yang bekerja melahirkan, bukan hanya istri yang bisa ngambil cuti, tetapi juga suami. Dan masing-masing mendapatkan jatah cuti yang tidak sedikit, yaitu 16 bulan.
h.    Kesejahteraan ibu dan anak benar-benar diperhatikan. Selama masa papa ledig dan mama ledig, kita tetap menerima 80% dari gaji kita. Bukan dari perusahaan tetapi dari pemerintah. Selain itu, jika ibu tidak bekerja, setelah melahirkan ibu diberi tunjangan oleh pemerintah sebesar 4000-an SEK per bulan. Sedangkan setiap anak yang terlahir di Swedia, pemerintah memberi tunjangan sebesar 1000-an SEK per bulan. (1 SEK = 1 481).
i.    Setiap anak (apapun kewarganegaraannya) yang hidup di swedia, 'digaji' oleh pemerintah (barnbidrag), setiap bulan nya (1040 SEK / bulan), hingga ia berumur 16  tahun. Setelah umur 16 tahun, anak tersebut berhak mendapat study allowance (studiebidrag). Juga terdapat ‘large family supplement’ untuk keluarga dengan lebih dari 2 anak, dan tunjangan khusus untuk anak dengan keterbatasan (disability children).

KEKURANGAN SWEDIA:
a.  Tidak banyak orang muslim disini. Sehingga, hanya ada satu masjid di Ludvika, yang sepertinya hanya difungsikan untuk shalat jumat. Selain itu, daging-daging yang di jual di supermarket, kebanyakan tidak ada label halal. 
b.     Cuacanya tidak begitu bagus. 
c.     Tidak semua orang di Swedia bisa bahasa Inggris.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Profil Negara Swedia

Implementasi SDM