Profil Negara Swedia


Swedia adalah yang terbesar dari negara-negara Skandinavia lain. Swedia adalah negara Eropa terbesar kelima setelah Rusia, Ukraina, Prancis, dan Spanyol. Swedia menempati bagian yang lebih besar dari Semenanjung Skandinavia Eropa Utara, yang berbagi tempat dengan Norwegia. Denmark, negara Skandinavia lainnya, terletak di barat daya Swedia dan merupakan bagian dari daratan Eropa. Finlandia, yang kadang-kadang dianggap sebagai negara Skandinavia, terletak di Timur.





 

    Bendera Swedia                                 Lambang Swedia


I.             DEMOGRAFI

PENDUDUK
Jumlah penduduk Swedia diperkirakan mencapai 9.644.864 pada tanggal 31 Desember 2013. Kepadatan penduduk mencapai 20,6 orang per km² dan penduduk di selatan jauh lebih padat dibandingkan di utara. Sekitar 85% penduduk tinggal di wilayah perkotaan. Ibu kota Stockholm memiliki populasi sekitar 800.000. 
Tidak ada statistik resmi tentang etnisitas, tetapi menurut statistik Swedia sekitar 1.921.000 (20,1%) penduduk Swedia berlatar belakang asing pada tahun 2012, didefinisikan sebagai dilahirkan di luar negeri atau lahir di Swedia dari kedua orangtua yang lahir di luar negeri. Kebanyakan mereka berasal dari Finlandia (2,38%), bekas Yugoslavia (2,06%), Irak (1,74%), Polandia (0,91%), dan Iran (0,84%).

BAHASA
Bahasa resmi Swedia adalah bahasa Swedia yang termasuk kelompok bahasa Jermanik Utara. Bahasa Swedia sangat mirip dengan bahasa Denmark dan bahasa Norwegia, hanya berbeda dalam pengucapan dan ortografi.

AGAMA
Gereja Lutheran Injili Swedia adalah gereja negara sampai tahun 2000. Kebanyakan orang Swedia mengikutinya, tapi hanya sedikit yang menjadi anggota aktif. Sejumlah besar pemeluk Katolik Roma, Kristen Ortodoks, dan Islam tinggal di Swedia.

KESEHATAN
Kualitas kesehatan di Swedia serupa dengan kualitas kesehatan di negara-negara maju lainnya. Swedia menduduki peringkat lima besar negara dengan angka kematian bayi terendah. Negara ini juga mendapat peringkat tinggi dalam angka harapan hidup dan air minum yang aman.

PENDIDIKAN
Anak-anak berusia 1-5 tahun mendapat pendidikan di Taman Kanak-Kanak yang dalam bahasa Swedia disebut förskola atau dagis dalam bahasa sehari-hari. Antara usia 6 sampai 16 tahun, anak-anak wajib masuk sekolah. Setelah menyelesaikan kelas 9, sekitar 90% dari siswa melanjutkan ke sekolah menengah atas yang disebut gymnasium yang merupakan syarat wajib untuk mendapatkan pekerjaan atau masuk ke universitas. Sekolah dibiayai dari pajak. Makan pagi dan makan siang gratis untuk semua siswa di Swedia.

CARA HIDUP
Sebagian besar orang Swedia tinggal di kota-kota, terutama di apartemen. Orang Swedia memiliki salah satu tingkat kepemilikan komputer dan telepon seluler tertinggi di dunia. Sebagian besar keluarga memiliki beberapa televisi dan setidaknya satu mobil.

OLAHRAGA DAN REKREASI
Orang Swedia mencintai alam bebas. Mereka menikmati hiking, camping, ski, dan olahraga air. Olahraga tim juga populer, seperti sepak bola, hoki es, dan bandy (yang menyerupai hoki es).

MAKANAN DAN MINUMAN
Swedia menikmati makanan tradisional dan juga hidangan internasional. Cara yang umum untuk menyajikan makanan adalah smörgåsbord (yang secara harfiah berarti “meja sandwich”). Ini adalah prasmanan yang menawarkan berbagai macam makanan, termasuk roti, ikan, daging, keju, salad, dan makanan penutup. Minuman favorit adalah anggur, bir, dan aquavit (berarti “air kehidupan”). Aquavit adalah vodka yang ditambahi buah atau rempah-rempah seperti jintan atau adas.


II.          EKONOMI 

JASA
Hari Swedia memiliki apa yang disebut sebagai ekonomi pasca-industri. Program pemerintah sosial, jasa komersial dan ritel, pendidikan, dan pariwisata membentuk hampir 70 persen dari perekonomian.

MANUFAKTUR
Sekitar seperlima dari angkatan kerja bekerja di bidang manufaktur. Manufaktur terkemuka meliputi logam dan produk logam; mesin industri; dan produk teknologi tinggi. Produk yang berasal dari Swedia dan dikenal di seluruh dunia adalah mobil Volvo dan Saab, pesawat Saab, dan ponsel Ericsson.

PERTANIAN, KEHUTANAN, DAN PERIKANAN
Kurang dari 5 persen dari angkatan kerja bergerak di bidang pertanian. Peternakan Swedia sangat mekanik dan memasok sebagian besar kebutuhan barley, gandum, gula bit, daging, dan susu negara. Swedia juga mengekspor beberapa produk makanan dan pertanian, seperti keju, lingonberry (semacam cranberry kecil dan manis), kopi, cokelat, dan vodka.
Kayu, bubur kayu, kertas, dan produk kertas penting untuk perekonomian Swedia selama beberapa dekade. Peralatan presisi dan barang-barang teknologi tinggi saat ini telah menggantikan produk-produk penting tersebut sebagai komoditas ekspor. Garis pantai Swedia yang panjang telah membuat perikanan menjadi kegiatan ekonomi tradisional, meskipun tidak sepenting di masa lalu. Sebagian besar hasil tangkapan dikonsumsi di dalam negeri, tetapi beberapa ikan kaleng diekspor.

PERTAMBANGAN
Swedia telah menjadi produsen penting bijih besi bermutu tinggi sejak Abad Pertengahan. Hari ini, pusat industri pertambangan didasarkan pada tambang terbuka besar di Kiruna di utara jauh. Selain memasok industri sendiri, Swedia mengekspor bijih besi dalam jumlah besar, terutama untuk negara-negara industri Eropa Barat.

ENERGI
Karena kurangnya minyak bumi dan batubara, pengembangan industri awal Swedia bergantung pada bahan bakar impor dan tenaga air untuk menghasilkan listrik. PLTA sekarang menyediakan lebih dari setengah dari total energi Swedia

TRANSPORTASI
Di Swedia untuk mempunyai mobil pribadi banyak sekali yang harus dipikirkan, padahal harga mobil disana tidak terlalu mahal. Dengan modal 30 konor atau setara dengan 39 juta sudah bisa mendapatkan mobil second dengan kondisi yang baik dan tahun yang cukup muda. Tapi setelah membeli mobil banyak sekali hal-hal yang dapat membuat orang menjadi malas mempunyai mobil, antara lain: 
a.     Harga bensin yang tinggi perliternya 12.69 kr / liter = Rp 16.500 / liter 
b.     Biaya sewa parker yang lumayan tinggi 
c.     Asuransi dan pajak yang tinggi 
d.     Untuk membuat SIM juga tidak mudah dan biayanya juga mahal, tidak ada calo.
Dari semua permasalahan yang ada, maka membuat orang disana memilih untuk menggunakan beberapa transportasi dibawah ini: 
a.     Sepeda
Sepeda adalah salah satu transportasi yang paling digemari diswedia. Sehingga setiap jalan diswedia mempunyai jalur khusus untuk sepeda, lebarnya sekitar 1 meter jadi cukup leluasa. Tempat parkir sepeda selalu disediakan dimana-mana, tidak sedikit juga yang mengunci sepedanya di tiang-tiang lampu. Walaupun swedia merupakan Negara aman, tetapi sepeda merupakan salah satu barang yang sering dicuri. Motor pun juga barang sekalipun ada hanya motor Harley atau sejenisnya dengan cc yang cukup besar.


Tempat parkir sepeda di Malmo Centralen

b.    Bus dan kereta 
Bus di Swedia memiliki 2 tipe yaitu bus dalam kota dan bus antar kota. Perbedaan yang paling mencolok diantara kedua bus ini adalah warnanya. 
Yang berwarna hijau melayani rute dalam kota, sedangkan luar kota menggunakan warna kuning. Jadi kemungkinan untuk salah naik bus itu sangat kecil. No busnya terlihat jelas di depan, sedangkan daerah tujuannya terdapat di belakang bus.





Untuk kereta juga lebih sama, ada 2 macam kereta yaitu pagatag oresundtag. Yang pertama adalah kereta yang berhenti di setiap stasiun dan hanya melayani rute dalam wilayah Swedia saja. Sedangkan Oresund melayani rute dari Helsingor, Denmak sampai Goteborg, swedia. 
Sistem pembayaran di bus dan kereta menggunakan kartu yang bernama jojo card 

                                    

III.         WARISAN BUDAYA 

SASTRA
Swedia telah melahirkan banyak tokoh penting bagi dunia sastra. August Strindberg merevolusi drama dengan drama seperti The Father (1887), Miss Julie (1888), dan The Ghost Sonata (1907). Pär Lagerkvist adalah seorang penyair dan novelis serta dramawan. Selma Lagerlöf, paling dikenal untuk novelnya Gösta Berling (1891), adalah orang pertama (dan wanita pertama) yang memenangkan Nobel di bidang sastra, pada tahun 1909. Pencipta Hadiah Nobel, Alfred Nobel, adalah seorang industrialis Swedia. Penulis Astrid Lindgren terkenal karena buku anak-anaknya, Pippi Longstocking (1945).

MUSIK
Dalam musik, dua komponis terkemuka Swedia adalah Franz Berwald dan Hugo Alfven. Beberapa penyanyi Swedia telah mendapatkan ketenaran internasional dalam opera, seperti Jenny Lind (disebut Swedish Nightingale) di tahun 1800-an dan Birgit Nilsson, Jussi Björling, dan Nicolai Gedda di tahun 1900-an. Kelompok musik rock Swedia yang terkenal ABBA, salah satu band paling laris di dunia, pertama kali menjadi populer pada 1970-an.

SENI
Pelukis berbakat muncul di Swedia pada tahun 1600-an, seperti David Klöcker Ehrenstrahl. Seniman besar dari tahun 1700-an adalah CG Pilo, Alexander Roslin, dan JT Sergel. Tokoh utama di tahun 1800-an dan 1900-an adalah pelukis Anders Zorn dan Carl Larsson serta pematung Carl Milles. Swedia juga membantu mengembangkan gaya desain modern Skandinavia, ditandai dengan garis dan fungsionalitas yang bersih; contohnya dapat dilihat pada furnitur Carl Malmsten, gelas Orrefors, dan keramik Gustavsberg.

FILM
Di antara sutradara film Swedia yang paling terkenal adalah Ingmar Bergman, Victor Sjostrom, dan Mauritz Stiller. Aktor terkenal Greta Garbo, Ingrid Bergman, dan Max von Sydow memulai karir mereka di Swedia.

Komentar

  1. Swedia negara kerajaan yang sangat maju

    BalasHapus
  2. info menarik, komentar juga ya ke blog saya www.belajarbahasaasing.com

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Keunikan Negara Swedia

Implementasi SDM